Wednesday, October 22, 2014

apresiasi

Ahaaaa... salah satu foto hitam putih saya mejeng di "The Photographers Society". Seneng banget, karena sudah sebulan lebih saya gak hunting foto dan gak posting foto di tumblr, pas kemarin posting lumayan banyak yang suka. Apalagi sampai di reblog dan mejeng di "The Photographers Society" karena yang bisa mejeng disini tentunya foto-foto yang kece dari beberap pe-moto amatir di beberapa negara.

Yang bikin seneng lagi, ketika baca caption yang ditulis admin nya, sangat apresiatif.
Kalau boleh jujur kenapa saya sangat suka bermain tumblr, dan kurang lebih 98% baik akun yang saya follow maupun akun yang mem-follow saya dari luar indonesia, karena alasan "apresiasi".

Ngerasa gak sih.... kalau dapet apresiasi dari orang-orang se-bangsa dan se-negara itu jauh lebih susah? Kalau saya ngerasa banget.

Orang-orang luar bisa dengan mudah nya nulis komentar-komentar kece pada foto yang saya posting, padahal kenal juga tidak.
Kalau orang-orang Indo? ya.... gitu deh....
Kalau lo bukan selebtweet, kalau lo bukan seleb instagram, kalau lo bukan salah satu bagian dari komunitas hitz, jangan harap deh...., dapet like lebih dari 5 ajah udah syukur, belum lagi 5 like itu cuma basa basi ajah.

Apakah hal seperti ini bisa dikatakan budaya? Mungkin saja disadari atau tidak, memang dari kecil anak-anak Indonesia jarang diajarkan tentang apresiasi.
Jadi inget dulu pas pelajaran PPKn, yang dibahas kan pasti seputaran toleransi, lapang dada, musyawarah mufakat dan kata-kata sifat lain nya yang sangat terpuji. Dan belajarnya pun dengan menghafal definisi dari kata-kata sifat tersebut, gak ada praktek nya. Hasilnya....? ya bisa dirasain sendiri.

Sebenarnya untuk belajar tentang apresiasi di jaman sekarang ini mudah. Dengan gencar nya orang-orang berkegiatan di media sosial, pasti ada segelintir orang yang mampu mem-posting sesuatu yang bagus dan berkualitas, nah cobalah kita latihan meng-apresiasi minimal dengan nge-like

0 comments:

Post a Comment