Thursday, September 15, 2011

hujan


konon musim hujan itu berlangsung di bulan yang berakhiran “ber-ber-an”
tapi dengan perubahan alam , globar warming, dan lain-lain, musim hujan sudah tak bisa ditebak lagi.

mengawali bulan september, nyaris tidak ada tanda-tanda musim hujan akan datang.
baru kemarin tepat pertengahan bulan september, tanggal 15 september, kota bandung diguyur hujan, lumayan agak lebat. apakah dikota lain juga turun hujan?

hujan kemarin sore masih menyisakan tanda, pagi ini jalanan tidak berdebu, tanah didepan rumah lembab,masih ada genangan air hujan di permukaan teras yang tidak rata, juga bentuk pulau diatap rumah yang bocor.

nenek saya bilang, hujan itu berkah, setiap turun hujan, dia memandang keluar lewat jendela rumah, sejenak mendongak keatas memerhatikan langit, kemudian pandangan turun kebawah, ke tanah, sambil mengucap “alhamdulillah”.
raut mukanya berseri, matanya menyipit, kerutan diujung matanya tampak berlipat, itu tandanya beliau senang.

saya juga suka hujan. bisa hujan-hujanan ketika saya masih kecil, itu kegembiraan yang luar biasa.
atau makan mie instan dengan kuah yang asapnya mengepul sambil bercengkrama dengan keluarga disaat hujan, itu kehangatan yang tiada tara.
apalagi kalau ada pelangi setelah turun hujan, itu akan menjadi tontonan yang seru tiada duanya.

dinginnya hujan selalu membuat saya melakukan hal-hal yang bisa menghangatkan. membuat teh panas untuk diminum dengan orang-orang tersayang, berbagi selimut dengan saudara-saudara tercinta, bercerita diselingi canda tawa bersama sahabat-sahabat dengan backsound suara hujan, berteduh didepan toko sambil berdempetan dan mengosok-gosokan tangan, apapun yang dilakukan disaat hujan harus, dan akan menjadi sesuatu yang hangat.

melalui dingin, hujan menciptakan kehangatan.

1 comments:

Kopi Hitam said...

Hujan selalu membawa kedamaian didalam hati kit, entah kenapa saya juga suka hujan. semua orang tahu saya suka hujan. Hujan dapat menyembunyikan kapan kita menangis dan bersedih karena air mata akan menghambur menjadi satu dengan air hujan.

Post a Comment