Tuesday, September 13, 2011

memaafkan (?)


if someone hurts you, hit back. forgiveness comes afterwards. -paulo coelho-

suka sekali dengan quote diatas, selain karena quote itu datangnya dari penulis favorit saya, juga quote ini terdengar sangat manusiawi.

banyak sekali quote yang mengungkapkan pentingnya memaafkan, tapi seperti yang kita ketahui, memaafkan bukanlah suatu hal yang mudah.

bukannya saya tak ingin memaafkan kesalahan orang,
bukannya saya tidak tahu kalau mendendam itu salah,
tapi saya tak dapat membohongi hati.

mungkin ini masalahnya mengenai kadar kesalahan yang orang lain lakukan terhadap kita.
atau masalah tentang tepat atau tidaknya, orang melalui perbuatannya menusuk hati kita.
toh kalaupun ada orang yang melakukan kesalahan dengan kadar yang sangat tinggi kepada kita, tapi tidak tepat menusuk hati kita, kitapun tidak akan marah dan mendendam bukan?

ada juga yang mengatakan “forgiven not mean forgotten”.
tapi maaf…., saya tidak setuju.
kalau tidak melupakan ya…. berarti tidak memaafkan.
kalau belum meaafkan ya berarti belum melupakan.

ya…., saya akui ini adalah sebuah pembelaan, dari saya yang tidak mudah memaafkan orang. memaafkan kamu.
daripada membohongi hati, lebih baik saya jujur.
buat saya…., saat ini…., jujur kepada hati lebih mendesak daripada berpura-pura memaafkan kamu.

2 comments:

Kopi Hitam said...

Memaafkan, berdamai dengan diri sendiri merupakan stimulus yang baik untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Susah memang. tapi harus dijalanin. :D

aeluroblog said...

iyah, kita harus memaafkan, akan terus belajar memaafkan :D

Post a Comment