Sunday, August 26, 2012

dibuang sayang

gambar asli diambil dari : Mars Hill

Thomas Leuthard seorang street photographer berkebangsaan Swiss pernah menuliskan salah satu tips penyimpanan file photo di salah satu e-booknya. Kira-kira bunyinya seperti ini, “hapuslah foto-foto yang menurut anda tidak bagus atau gagal, karena apabila tidak dihapus akan menyusahkan anda di kemudian hari”.
Meskipun Thomas Leuthard salah satu street photographer favorit saya, tapi entah kenapa saya tidak setuju dengan tips yang dia kemukakan diatas.

Kalimat “menyusahkan anda dikemudian hari” saya tafsirkan menjadi “akan menyusahkan kita ketika kapasitas hardisk yang kita miliki penuh”.
Jika kita megalami kesulitan dalam memilah sekian banyak foto yang harus kita hapus ketika hardisk kita penuh, kenapa kita tidak membeli hardisk baru saja, atau mungkin kalau ingin lebih hemat, kita bisa memindahkan / meng-copy foto-foto tersebut ke dalam beberapa dvd.

Sebenarnya ketidak setujuan saya bukan dikarenakan kita bisa membeli hardisk baru atau bisa memindahkan file kedalam betuk dvd, tapi lebih kepada keyakinan saya bahwa suatu saat bisa saja saya memerlukan foto-foto yang pernah saya anggap tidak bagus / gagal untuk sebuah project.

Dan hal itu terbukti. Beberapa hari yang lalu menjelang hari kemerdekaan Indonesia, saya berencana mem-posting di tumblr beberapa foto yang cukup Indonesia tapi tidak mainstream (bukan foto bendera, seorang veteran, lomba panjat pinang, atau apapun yangg sering muncul di iklan-iklan kemerdekaan televisi terutama hehehe….).
Karena keterbatasan waktu, diamana hari kemerdekaan tahun ini bertepatan di bulan Ramadhan, dimana kegiatan saya disetiap bulan Ramadhan menjadi dua kali lipat lebih sibuk (sok sibuk, padahal ng-eles hahahah….) jadi saya putuskan untuk membuka folder-folder foto lama saya, dan saya menemukan kedua foto dibawah ini.

indonesia independence day

indonesian couples

Ini bukan kali pertama saya mendapatkan foto yang pas untuk sebuah project dari folder foto lama. Jadi wajar dong kalau saya nggak setuju dengan tips yang diutarakan Thomas Leuthard untuk menghapus foto yang kita anggap tidak bagus / gagal karena dianggap akan menyusahkan kita dikemudian hari.
Begitupun dengan kejadian yang kurang bagus atau kegagalan dimasa sekarang, mungkin kita tidak perlu berusaha keras untuk meghapuskan kegagalan tersebut dari ingatan kita supaya kita tidak terus-terusan bersedih. Karena sebuah kegagalan bisa jadi pelajaran untuk meraih keberhasilan dimasa yang akan datang. Tsssaaaaahhhhh….., udah lumayang bijak kan…..

0 comments:

Post a Comment