Sunday, July 17, 2011

explore bandung selatan - ciapus







jika saya bertanya kepada orang-orang yang berkunjung ke bandung, tempat manakah di bandung yang ingin mereka kunjungi, pasti jawaban pertamanya adalah FO, kemudian tempat-tempat kuliner, dan ada juga yg menjawab tempat-tempat wisata di daerah bandung utara.

saya sebagai orang bandung asli, sangat menghindari pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yg tadi disebutkan, apalagi kalau weekend, karena akan sangat rame dan macet.
biasanya ketika weekend tiba, saya akan jalan-jalan ke tempat di bandung yang jarang sekali dikunjungi oleh orang dari luar kota bandung.

minggu pagi kemarin saya bersepeda ke daerah bandung selatan, tepatnya ke kampung ciapaus, yang letaknya di kecamatan banjaran, kabupaten bandung.
kampung ciapus ini mempunyai akses jalan yang tidak terlalu lebar (standar jalan pedesaan) yang kira-kira lebarnya hanya 1,5 - 2 meter. diapit oleh bentangan sawah dan deretan gunung.

bagi anda yang sangat gemar bersepeda, jalanan di kampung ciapus ini akan sangat memanjakan anda. jalan yg dilapisi perkerasan aspal dengan beberapa kelokan tajam, turunan yang cukup curam dengan jarak yang pendek, akan sangat membakar adrenalin anda.

dari kampung ciapus juga, bisa langsung menembus bumi perkemahan gunung puntang. jarang sekali orang menggunakan jalan ini, karena kebanyakan orang menggunakan jalan utama pangalengan jika akan menuju ke gunung puntang. hal ini sangat menguntungkan bagi teman-teman yang gemar bersepeda, karena tidak akan sering medengarkan bunyi klakson dan menghirup asap motor atau mobil ketika kita sedang bersepeda.

sebenarnya di daerah bandung selatan, masih banyak jalan yang sama seperti di kampung ciapus ini, diantaranya yaitu, jl. arjasari, jl. rancaengang, jl. sindang panon, jl. cipeundeuy, jalan nagrak dan masih banyak lagi.

jika anda bosan bersepeda ke car freeday dago, maka jalan-jalan yang saya sebutkan tadi bisa menjadi alternatif anda untuk tujuan bersepeda. sambil bersepeda kita bisa melihat pemandangan sawah dan gunung yang hijau, dan menghirup udara yang bersih.

2 comments:

badcloud said...

ituh sepeda pengantar selamat jalan kan yah? ehh.. atau selamat tinggal yah? lupa :D

Tapi gak okeh ih...pose sepedanya gituh2 ajah. cuma angle gambarnya ajah yang beda. gak kreatip! :p

aeluroblog said...

iyah itu sepedah pengantar selamat jalan
emang yg okeh itu gmn? coba gimana????? :P

Post a Comment