Sunday, July 24, 2011

explore bandung selatan -perkebunan teh ciwalini, ciwidey-





mungkin untuk sebagian orang daerah ciwidey sudah tidak asing lagi. karena banyak sekali objek wisata yang ada disana, diantaranya yaitu situ patengan, kawah putih, bumi perkemahan ranca upas, dan beberapa pemandian air panas seperti cimanggu dan ciwalini.

kali ini saya akan membahas ciwalini. perkebunan teh ciwalini ini merupakan perkebunan teh milik pemerintah, tidak hanya perkebunan saja yang ada disini, tetapi juga ada beberapa villa dan pemandian air panas yang dikelilingi perkebunan teh.

akses jalan menuju villa ciwalini ini sangat sempit, sehingga untuk sebuah bus cukup sulit untuk menuju villa.

tetapi jika anda bersepeda di jalan ini, akan sangat menyenangkan. jalan yang hanya mempunyai lebar tidak lebih dari 2 meter ini, berkelok, dengan tanjakan dan turunan yg tidak terlalu curam, tetapi jaraknya panjang. secara psikologis, jalan seperti ini tidak akan mematahkan semangat anda ketika mengayuh sepeda.

selain itu ketika bersepeda mata kita tidak akan lepas dari pemandangan hijau hamparan kebun teh di kiri kanan kita. bersepeda disini tidak akan cepat membuat anda berkeringat, karena suhunya yang begitu dingin. anda juga akan sesekali melihat para pemetik teh yang sedang bekerja.

untuk anda yang senang berpoto, disini juga merupakan tempat berpoto yang sangat menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment