Sunday, October 30, 2011

aku berterimakasih kepada waktu


aku berterimakasih kepada waktu karena telah mengajarkan perubahan.
dari idealisme yang memang sebenarnya ideal, tapi dengan efek yang tidak ideal, proses dan kondisi yang tidak se-ideal yang aku pikirkan, berubah kepada pemikiran dan tindakan yang lebih fleksibel, yang lebih nyaman dan manusiawi.

aku berterimakasih kepada waktu karena telah mengajarkan kesabaran.
kesabaran untuk menunggu dari tidak punya sesuatu sampai mempunyai sesuatu. kesabaran dalam menikmati setiap proses untuk mendapatkan hasil dari suatu usaha. kesabaran untuk menerima sesuatu yang kita pikir itu bukan yang terbaik untuk kita, padahal kitapun belum mengetahui, sampai akhirnya kita menjalaninya dan menjadi tahu bawha itu yang terbaik untuk kita.

aku berterimakasih kepada waktu karena telah mengajarkan keteguhan.
keteguhan akan sebuah keputusan yang diambil berbanding lurus dengan waktu yang bergulir, yang digunakan untuk merealisasikan keputusan itu. semakin aku menikmati setiap hasil dari keputusan, semakin aku teguh dan tak akan tergoda untuk merubah keputusan itu.

aku berterimakasih kepada waktu karena telah mengajarkan menghargai.
sekian banyak waktu yang digunakan untuk menghasilkan sebuah karya, maka sekian perhargaan juga yang akan diterima untuk karya tersebut. tak perlu mempermasalahkan seberap banyak waktu yang kita gunakan untuk menghasilkan sebuah karya, justru karena banyaknya waktu itu membuat orang akan lebih menghargai usaha kita untuk menghasilkan karya tersebut.

aku beterimakasih kepada waktu karena telah mengajarkan melupakan.
banyak waktu telah aku lalui, mengerjakan banyak hal, sampai akhirnya aku lupa akan kejadian buruk dimasa lalu, sampai akhirnya luka dihatiku sembuh dengan sendirinya, tanpa aku obati. karena hanya waktu yang mengobatinya, hingga akhirnya aku lupa , tanpa dipaksa untuk melupakan.

aku berterimakasih kepada waktu karena selalu konsisten, jujur, tak pernah bohong. sehari selalu 24 jam, tak pernah kurang tak pernah lebih, tak pernah lebih cepat dan tak pernah lebih lambat.

aku berterimakasih kepada waktu karena tak pernah perhitungan. berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang tak beguna, tapi waktu tak pernah mengeluh ataupun marah. berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk menghasilkan uang dan kesenangan, tapi waktu tak pernah meminta imbalan.

0 comments:

Post a Comment