Wednesday, October 12, 2011

sugesti kemudian firasat


tadi malam aku memecahkan gelas. gelas kesayanganku hadiah darimu ketika aku berhasil bersepeda menaklukan rute yang kamu buat.

aku memang ceroboh. aku tahu meja lipat itu terlalu kecil untuk menyimpan laptop, mouse, kertas contekan dan kalkulator. aku masih bersikeras menyimpan gelas berisi cokelat panas itu di meja lipat. dipinggir sekali aku menyimpannya.

beberapa detik sebelum gelas itu jatuh dan kemudian pecah, aku sempat meliriknya. dan dalam hati aku berkata, “sepertinya gelas ini akan jatuh dan pecah”.
kemudian aku melanjutkan menggerak-gerakan mouse, sikutku menyenggol gelas, dan praaaak…., gelaspun jatuh, beling berserakan , cokelat panas mengalir ke permukaan lantai yang lebih rendah.

ah, itu pasti sugesti. alam bawah sadarku mengatakan gelas itu akan jatuh, kemudian menginstruksikan sikutku untuk menyenggol gelas. bukankan sugesti dapat menggerakan hati orang dan mendorong untuk melakukan sesuatu.

sampai akhirnya tadi siang, aku mendapat sebuah berita dari kamu, kemudian aku berpikir lain tentang pecahnya gelas tadi malam.
itu bukan hanya sugesti, tapi pertanda atau firasat
firasat buruk.......
firasat buruk untuk sebuah berita yang tidak diharapkan.
firasat buruk untuk sebuah berita yang membuat degupan jantungku lebih cepat tak seperti biasanya.
firasat buruk untuk sebuah berita yang membuat suhu mata menjadi 10 kali lebih panas dari biasanya.
firasat buruk untuk sebuah berita yang mampu membuatku menahan nafas seperti ketika aku menyelam didasar air padahal aku sedang berada di daratan.
firasat buruk untuk sebuah berita dari kamu, tentang kita, dan kelanjutan hubungan kita.

kalaupun memang pecahnya gelas itu pertanda atau firasat buruk, tapi apa gunanya?
toh aku tidak bisa merubah pendirian kamu untuk mengurungkan niat mengirimkan berita buruk siang ini.
akupun tak bisa memintamu untuk merubah berita buruk itu menjadi berita yang baik.

untuk orang yang tidak peka seperti aku, firasat tidak ada gunanya.

lalu...., apa gunanya firasat?

0 comments:

Post a Comment